Pengikut

Jumat, 07 Januari 2011

Sampah Talise

SAMPAH PANTAI TALISE DIBUANG DI BUNDARAN HASANUDDIN

PDFCetakEmail

Kamis, 02 Desember 2010 16:44

Palu, 2/12 – Sampah menjadi Obyek dalam Seni Pertunjukan yang ditampilkan oleh Seniman Palu. Belasan seniman yang melakukan Performing Art dengan mengumpulkan sampah disekitar Pantai Talise Palu dan membawanya sampai ke Tugu Kota di Bundaran jalan Hasanuddin Kamis (2/12) dinihari.

Seni Pertunjukan yang bertajuk Orang Orang Bajo melihat kota dari atas bagang, Menurut Endeng Mursalin adalah bentuk kekecewaan dari Masyarakat Laut yang menjalani kehidupannya di Teluk Palu. Setiap hari ada sekitar dua ton sampah masuk ke Laut yang berasal dari Masyarakat kota Palu.

" Melihat fenomena itu, membuat kami menolak dan mengembalikan sampah itu kembali ke kota " kata Endeng dengan suara lantang.
Dalam aksi teaterikal itu belasan seniman yang tanpa baju mengumpulkan sampah di sekitar pantai Talise dan membawa sampah tersebut dengan berjalan kaki menuju Tugu Bundaran Hasanuddin yang jaraknya sekitar 2 kilometer dari Pantai Talise. Selain sampah yang di pungut di jalan, Sebagian lagi dikumpulkan pada sebuah gerobak kecil dan didorong hingga sampai di Bundaran Hasanuddin.

Kotoran dan sampah itu akhirnya dihambur-hamburkan pada Tugu Bundaran Hasanuddin hingga menutupi hampir sebagian bagian tugu yang menjadi titik nol kota Palu. Setelah sedikit berorasi belasan seniman itu kembali ke Pantai talise dengan berjalan kaki. Dalam acara ini juga ditampilkan pertunjukkan tari kontemporer dan nyanyian musik tradisi serta aksi seniman seniman palu lainnya. (BP001/bp003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Oyi Lindu

My Great Web page